Jumat, 12 Maret 2010

Buletin Edisi 2

Sobat Smantech, kami kembali lagi dengan buletin Smantech edisi kedua.

Di edisi kedua ini, kami menambahakan beberapa bagian baru, yaitu pojok pertanyaan dan portal pendidikan. Selamat membaca guys!



Pertama, untuk bagian software kami memberi cara untuk mengupdate Antivirus Avira.
Cara mengupdate Avira Antivir Personal (Free Edition) secara manual adalah dengan cara download file iVDF -Incremental Virus Definition File-emacam kumpulan data base virus. 
Langkah-langkah mengunduh file iVDF dan mengupdate Antivir adalah sebagai berikut :

1. Download VDF (Virus Definition File) di dl.antivir.de/down/vdf/ivdf_fusebundle_nt_en.zip (untuk Antivir 7 Vista 32 Bit, XP & 2000)
2. Klik icon tray antivir yang ada dipojok windows, biasanya dekat jam
3. Setelah tampilan antivir muncul, klik “Update”
4. Pilih manual update
5. Kemudian muncul explorer bar untuk mencari lokasi dimana anda men-save update antivir, kemudian klik “open”
6. Kemudian tinggal tunggu proses update-nya selesai

Sayangnya, iVDF Avira mempunyai kelemahan yaitu tidak terdapat versi daily atau weekly sehingga kita harus mengunduh (english: download) file kumulatif nya yang agak lumayan besar ,sekitar 13 MB.  

Di bagian hardware, ada Magic Mouse keluaran Apple.

Pabrik Apple telah mengumumkan mouse terbarunya yang dilengkapi dengan kemampuan multi-touch ala layar iPhone maupun trackpad seperti pada Macbook. Mouse ini dinamai Magic Mouse. Berbeda dengan mouse kebanyakan, Magic Mouse tidak memiliki tombol apapun di permukaannya. Apalagi scroll wheel yang umum terdapat pada mouse. Untuk navigasi pengguna bisa menggerakkan jarinya di atas permukaan mouse tersebut (scroll bayangan). Magic Mouse merupakan penerus Mighty Mouse. Perangkat ini juga bisa tersambung ke komputer Mac lewat Bluetooth. Sistem yang diperlukan untuk memakai mouse ini minimal adalah Mac OS X v10.5.8 dengan update Wireless Mouse Software 1.0.Lewat situs resminya, Apple mengatakan bahwa Magic Mouse memiliki chip cerdas di dalamnya. Dengan demikian perangkat ini tak akan bingung membedakan antara sentuhan, gerakan untuk scrolling, gerakan menyapu dengan dua jari bahkan jika pengguna hanya meletakkan jemarinya untuk beristirahat.Magic. Selain itu perangkat ini bisa dibeli secara terpisah dengan kisaran harga USD 69 (± Rp. 650.670,00)

Untuk bagian Tips & Tricks, ada cara-cara untuk merawat flashdisk.

Nah. Semua pasti tahu apa itu flashdisk. Flashdisk yang hadir dengan ukuran kecil dan menawan, serta mempunyai kapasitas penyimpanan file yang cukup besar disbanding ukurannya, dikenal sebagai pengganti disket yang kuno dan nggak jaman.
Flashdisk mempunyai keunggulan dalam kemudahannya menambah dan menghapus data.
Berikut ini ada sembilan cara merawat Flashdisk kesayangan Anda. Tips ini berguna untuk mengamankan data-data penting Anda yang tersimpan di dalam Flashdisk dan juga membantu menjaga dompet Anda tetap sehat.
1. Jauhkan dari medan magnet yang kuat. Barang-barang elektronik seperti TV dan handphone sangat tidak baik untuk flashdisk.
2. Jangan terkena air. Walaupun ada beberapa produsen flashdisk yang mengklaim bahwa produknya waterproof (tahan air), menjauhkan flashdisk dari sentuhan air tetap saja menjadi langkah yang paling aman.
3. Melakukan scanning virus. Pada saat pengambilan data atau pemindahan data dari PC ke flashdisk, sangat mungkin bukan hanya data yang ikut berpindah, tetapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer.
4. Lakukan proses eject dan stop. Selalu lakukan proses eject dan stop sebelum mencabut flashdisk dari port usb komputer Anda. Jika tidak, flashdisk anda akan mengalami kerusakan.
5. Jauhkan dari tempat yang panas. Semua barang elektronik tidak terkecuali flashdisk sangat rentan dengan yang namanya panas, apalagi bila terkena matahari langsung
6. Hindari dari benturan yang keras. Flashdisk yang terkena benturan keras, seperti jatuh berkali-kali memiliki resiko besar untuk kehilangan data atau akan mengalami kerusakan secara fisik.
7. Usahakan agar selalu tertutup. Udara dan lingkungan kita penuh dengan kotoran dan debu. Jika flashdisk kita kotor maka dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal. Sehingga apabila tidak sedang dipakai, usahakan agar selalu tertutup agar tidak kotor.
8. Minimalisir proses hapus tulis (write and delete). Sama seperti kita, flashdisk juga memiliki usia. Artinya suatu saat flashdisk kita bisa mati dan tidak bisa digunakan lagi. Usia flashdisk berbeda-beda, tergantung kualitas flashdisk itu sendiri. Biasanya usia flashdisk antara 10.000 – 100.000 kali proses hapus tulis.
9. Berilah gantungan seperti gantungan kunci pada flashdisk Anda. Ini sangat berguna agar Anda tidak tidak lupa dimana menyimpannya, karena bentuknya yang relatif kecil. (RRW)

Profil tokoh yang kita ulas kali ini adalah Tim Berners-Lee, penemu WWW.

Sir Timothy John "Tim" Berners-Lee, (lahir di London, Inggris, 8 Juni 1955) adalah penemu World Wide Web dan ketua World Wide Web Consortium, yang mengatur perkembangannya.
Pada 1980, ketika masih seorang kontraktor bebas di CERN, Berners-Lee mengajukan sebuah proyek yang berbasiskan konsep hiperteks (hypertext) untuk memfasilitasi pembagian dan pembaharuan informasi di antara para peneliti. Dengan bantuan dari Robert Cailliau dia menciptakan sistem prototipe bernama Enquire.
Setelah meninggalkan CERN untuk bekerja di John Poole's Image Computer Systems Ltd, dia kembali pada 1984 sebagai seorang rekan peneliti. Dia menggunakan ide yang mirip yang telah dia gunakan pada Enquire untuk menciptakan World Wide Web, di mana dia mendesain dan membangun browser yang pertama (bernama World Wide Web dan dikembangkan dalam NeXTSTEP) dan server web pertama yang bernama httpd.
Situs web pertama yang dibuat Berners-Lee (dan oleh karena itu situs ini juga merupakan situs web pertama) beralamat di http://info.cern.ch/ (telah diarsip) dan dimasukkan online untuk pertama kalinya pada 6 Agustus 1991.
Pada 1994, Berners-Lee mendirikan World Wide Web Consortium (W3C) di Massachusetts Institute of Technology.
Hingga kini, Berners-Lee masih tetap rendah hati dan tidak berkeinginan untuk mendapatkan status populer. Banyak yang masih tidak mengetahui kekuatan karya pria ini, World Wide Web. (ACK)

Salah satu kontribusi terbesarnya dalam memajukan World Wide Web adalah dengan tidak mempatenkannya sehingga masih dapat digunakan secara bebas.

Jika kalian punya pertanyaan, silahkan kirim pertanyaan ke Smantech melalui e-mail smantech, yaitu sman.tech@yahoo.com. Pertanyaan akan kami jawab dan akan muncul di pojok pertanyaan buletin:


Dear Smantech,
Gimana sih, cara membuat blog? Saya ingin tahu cara membuat blog agar bisa menjadi seorang blogger seperti Raditya Dika.
  Meilinda, XD


Hi Meilinda!
Terimakasih telah mengirimkan pertanyaan ke kami. Tentang pembuatan blog akan kami ulas di edisi berikutnya. Ditunggu ya!


Portal atau web pendidikan yang di edisi ini ada dua, yaitu psb-psma.org dan e-dukasi.net.

www.e-dukasi.net
Disni kita bisa mempelajari berbagai mata pelajaran dan juga terdapat bank-bank soal.
www.psb-psma.org
Dalam website ini kita bisa:
Mendownload bahan ajar ( dalam format powerpoint dan flashplayer) gratis tetapi kita harus log-in dulu,
Mendapatkan informasi yang terbaru tentang dunia pendidikan
Dapat berdiskusi di dalam forum pendidikan
Dan terdapat social networking ( semacam facebook) bagi anggota yang sudah terdaftar.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar