Jumat, 12 Maret 2010

Buletin Edisi 4

Hey sobat Smantech!

Kali ini kita akan memposting buletin Smantech edisi keempat. Di edisi ini, karena berbagai kesibukan yang menyelimuti kami anak-anak Smantech, guru-guru pembimbing kami lah yang membuatnya. Maaf ya, Pak Khafidz dan Pak Eri...

Pertama, ada bagian Tips & Tricks, tentang menjaga keamanan password kalian.

Tulisan ini hanyalah sekadar tips tentang cara membuat password yang 99,9 % aman. Kenapa tidak 100 % aman? Sebab saya tidak begitu yakin bahwa tips ini akan menjamin keamanan password Anda. Maksudnya kemungkinan password Anda dijebol itu tetap ada.

Ini dia tipsnya:
Buatlah password yang tidak berhubungan dengan diri Anda, seperti: nama orang tua, nama anak, kekasih, tanggal lahir, tanggal jadian, hari perkawinan, no.ktp, no. telepone dan sebagainya. Terutama bagi pengguna situs-situs yang menampilakan data profil seperti situs-situs jejaring sosial seperti Friendster, Facebook, dll. Jangan gunakan data apapun yang Anda masukan di situs tersebut sebagai password.
Buatlah password dengan jumlah karakter yang panjang, lebih baik lebih dari 15 karakter
Jangan gunakan kosa kata yang terdapat di kamus sebagai password.
Hati-hati apabila Anda mengisi form login yang memuat password di komputer publik, misalnya di warnet, kantor, dsb., karena bisa saja ada program semacam keylogger (pembaca dan penyimpan setiap ketukan keyboard Anda).
Buatlah password dengan karakter unik (seperti: ! & # * ^ { } ), di luar angka dan huruf yang banyak digunakan.
Jangan menyimpan password dalam handphone Anda, karena bila handphone Anda hilang, baik dicuri atau hilang karena yang lainnya, maka lenyaplah semua data dan barang berharga Anda.
Demikian tips ini, semoga bermanfaat.

Kemudian ada list situs-situs yang berbahaya.

Browsing atau membuka situs-situs tertentu yang belum jelas. Karena di dalamnya bisa mengandung virus-virus berbahaya yang akan meugikan kita. Berikut adalah situs paling kotor di dunia, di situs tersebut banyak terdapat bermacam-macam virus yang menyebabkan hp/pc anda rusak. 
1. 17ebook.com
2. aladel.net
3. bpwhamburgorchardpark.org
4. clicnews.com
5. dfwdiesel.net
6. divineenterprises.net
7. fantasticfilms.ru
8. gardensrestaurantandcatering.com
9. ginedis.com
10. gncr.org
11. hdvideoforums.org
12. hihanin.com
13. kingfamilyphotoalbum.com
14. likaraoke.com
15. mactep.org
16. magic4you.nu
17. marbling.pe
18. krnacjalneg.info
19. pronline.ru
20. purplehoodie.com
21. qsng.cn
22. seksburada.net
23. sportsmansclub.net
24. stock888.cn
25. tathli.com
26. teamclouds.com
27. texaswhitetailfever.com
28. wadefamilytree.org
29. xnescat.info
30. yt118.com

Di bagian hardware, Pak Guru kami memberi info tentang nenek moyang laptop, HP, game console, dan kamera.

Komputer portable pertama: Computer  
portable pertama didunia dibuat tahun 1980 an, dengan harga kurang dari $ 2000 (atau dalam rupiah hari ini adalah IRD. , computer itu bernama
OSBORN 1. dengan layar monitor yang hanya beberapa inchi saja, dilengkapi oleh 2 buah floppy disk ukuran besar .
Game console pertama: sekarang sudah banyak game console yang beredar di pasaran PS2, PS3, Xbox dll, tahukah anda bahwa gamekonsole pertama itu adalah Odyysey , dibuat pada tahun 1970 oleh megnavox .
Telephon Cellular pertama: Motorola adalah produsen telephone celuler pertama, dan diberinama. DynaTAC 8000X hasil pengembangan dari telephone mobil  
Camera digital pertama: Seorang engineer Steven Sasson dari perusahaan KODAK, mengembangkat suatu alat yang dapat menangkap gambar dan merubah gambar analog menjadi gambar digital 

Dan untuk profil kita edisi ini ada tokoh dari dalam negeri, Onno W. Purbo.

Bidang Teknologi dan Informasi (TI) di Indonesia boleh bangga memiliki seorang anak bangsa bernama Onno Widodo Purbo yang akrab disebut Onno W. Purbo. Lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus 1962, Onno merupakan seorang pakar di bidang TI yang boleh dikatakan sebagai pioneer atau pelopor di bidang tersebut. Pendidikan akademis dikecapnya di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981. Ketika lulus, predikat wisudawan terbaik diraihnya, sebelum ia meneruskan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.
Tidak hanya menyelesaikan pendidikan sampai S2, beliau juga mengenyam pendidikan S3 di Universitas Waterloo, Kanada. Menjadi orang yang sangat mendukung IGOS (Indonesia Goes Open Source), Onno juga pernah mempelopori RT/RW Net dan VoIp rakyat. Tak hanya itu, ia juga aktif menulis segala sesuatu yang menyangkut teknologi informasi media, juga menjadi pembicara di seminar nasional maupun internasional. Selain dalam bentuk buku, banyak tulisannya yang dipublikasi secara gratis di internet.
Di tahun 2007, Onno W Purbo sempat diangkat menjadi Menteri Informatika di Republik Mimpi. Dalam acara yang ditayangkan di televisi tersebut (tanggal 8 dan 15 April 2007), ia hadir sebagai pembicara menjelaskan cara membuat Internet murah dengan menggunakan Wajan Bolic dan Antena Kaleng (Cantenna).

Ada pula info tentang bluetooth versi baru yang akan keluar, yaitu bluetooth 3.0.

Bluetooth SIG akhirnya mengumumkan detail awal spesifikasi Bluetooth 3.0. Format baru ini memiliki peningkatan kecepatan bandwidth sama dengan WiFi 0.
Proses transfer akan dapat dilakukan dengan cepat. Bluetooth 3.0 juga akan mempunyai kemampuan membangun koneksi WiFi one-on-one dan mempunyai kecepatan transfer tinggi dengan menggunakan teknologi 802.11. dengan spesifikasi transfer tinggi, data besar seperti lagu atau video dapat ditransfer dengan waktu singkat. Bluetooth 3.0+ High Speed bekerja dengan menggunakan dua buah modul standar. Bluetooth untuk mentransfer data. Jika standar Bluetooth 3.0 telah diresmikan, nantinya ada banyak produsen perangkat digital yang akan menyertakan Bluetooth 3.0 built-in.

Sekedar untuk informasi tambahan, ada layanan SMS BMKG. Yaitu untuk mendapat informasi tentang gempa terakhir yang tercatat di BMG dan info cuaca.

ga : Untuk info tentang gempa terakhir yang dicatat BMG dalam 5 menit terakhir

c0:  Untuk info cuaca hari ini di kota yang ditempati

Contoh: c0 manokwari kirim ke 2303

*biaya: Rp.550


1 komentar: